Sabtu, 23 Oktober 2010

Memelihara kesatuan Roh oleh ikatan damai sejahtera

Kalender Liturgi Katolik - Jumat, 22 Oktober 2010

Bacaan diambil dari :
  • Efesus 4:1-6
  • Mazmur 24:1-6
  • Lukas 12:54-59

Ef 4:1-6
Sebab itu aku menasihatkan kamu, aku, orang yang dipenjarakan karena Tuhan, supaya hidupmu sebagai orang-orang yang telah dipanggil berpadanan dengan panggilan itu. Hendaklah kamu selalu rendah hati, lemah lembut, dan sabar. Tunjukkanlah kasihmu dalam hal saling membantu. Dan berusahalah memelihara kesatuan Roh oleh ikatan damai sejahtera: satu tubuh, dan satu Roh, sebagai mana kamu telah dipanggila kepada satu pengharapan yang terkandung dalam panggilanmu, satu Tuhan,satu iman,satu baptisan, satu Allah dan Bapa dari semua, Allah yang di atas semua dan oleh semua, Allah yang di atas semua dan oleh semua dan di dalam semua.

Mzm 24:1-6
Tuhanlah yang empunya bumi serta segala isinya, dan dunia serta yang diam di dalamnya. Sebab Dialah yang mendasarkannya di atas lautan dan menegakkanya di atas sungai-sungai.
"Siapakah yang boleh naik ke atas gunung Tuhan? Siapakah yang boleh berdiri di tempat-Nya yang kudus?"
"Orang yang bersih tangannya dan murni hatinya, yang tidak menyerahkan dirinya kepada penipuan, dan yang tidak bersumpah palsu.

Dialah yang akan menerima berkat dari Tuhan dan keadilan dari Allah yang menyelamatkan dia. Itulah angkatan orang-orang yang menanyakan Dia, yang mencari wajah-Mu, ya Allah Yakub."

Lukas 12:54-59
Yesus berkata pula kepada orang banyak: "Apabila kamu melihat awan naik dari sebelah barat, segera kamu berkata: Akan datang hujan, dan hal itu memang terjadi. Dan apabila kamu melihat angin selatan bertiup, kamu berkata: Hari akan panas terik, dan hal itu memang terjadi.

Hai orang-orang munafik, rupa bumi dan langit kamu tahu menilainya, mengapakah kamu tidak dapat menilai zaman ini? Dan mengapakah engkau juga tidak memutuskan sendiri apa yang benar? Sebab, jikalau engkau dengan lawanmu pergi menghadap pemerintah, berusahalah berdamai dengan dia selama di tengah jalan, supaya jangan engkau diseretnya kepada hakim dan hakim menyerahkan engkau kepada pembantu-pembantunya dan pembantu itu melemparkan engkau ke dalam penjara.

Aku berkata kepadamu: Engkau tidak akan keluar dari sana, sebelum engkau membayar hutangmu sampai lunas."

Semoga bacaan injil Tuhan pada hari ini mampu menjadi pelita yang menghadirkan cahaya bagi langkah-langkah kaki kita untuk menyusuri jalan kehidupan ini karena ada begitu banyak persimpangan jalan namun hanya ada satu jalan untuk menuju kepada "JALAN, KEBENARAN, DAN HIDUP"


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

AddThis

Populer