Rabu, 27 Oktober 2010

Menerima kehadiran Yesus dengan penuh sukacita

Kalender Liturgi Katolik - Minggu, 31 Oktober 2010 (Pekan Biasa XXXI)

Bacaan diambil dari :
  • Kebijaksanaan Salomo 11:22,12:2
  • Mazmur 145:1-2,8-11,13-14
  • 2 Tesalonika 1:11,2:2
  • Lukas 19:1-10

Keb 11:22,12:2
"Belas kasihan Tuhan dalam menghukum"
Sebab seperti sebutir debu dalam neraca, demikian seluruh jagat raya di hadapan-Mu, atau bagaikan setetes embun pagi yang jatuh ke bumi. Dari sebab itu orang-orang jatuh Kauhukum berdikit-dikit, dan Kautegur dengan mengingatkan kepada mereka dalam hal manakah mereka sudah berdosa, supaya percaya kepada Dikau, ya Tuhan, setelah mereka menjauhi kejahatan itu.

Mzm 145:1-2,8-11,13-14
"Panjang sabar dan besar kasih setia-Mu, ya Tuhan"
Aku hendak mengagungkan Engkau, ya Allahku, ya Raja, dan aku hendak memuji nana-Mu untuk seterusnya dan selamanya. Setiap hari aku hendak memuji Engkau, dan hendak memuliakan nama-Mu untuk seterusnya dan selamanya.

Tuhan itu pengasih dan penyayang, panjang sabar dan besar kasih setia-Nya. Tuhan itu baik kepada semua orang, dan penuh rahmat terhadap segala yang dijadikan-Nya.
Segala yang Kaujadikan itu akan bersyukur kepada-Mu, ya Tuhan, dan orang-orang yang Kaukasihi akan memuji Engkau. Mereka akan mengumumkan kemuliaan Kerajaan-Mu, dan akan membicarakan keperkasaan-Mu.

Kerajaan-Mu ialah kerajaan segala abad, dan pemerintahan-Mu tetap melalui segala keturunan. Tuhan setia dalam segala perkataan-Nya dan penuh kasih setia dalam segala perbuatan-Nya.
Tuhan itu penopang bagi semua orang yang jatuh dan penegak bagi semua orang yang tertunduk.

2 Tes 1:11,2:2
"Jangan disesatkan dan dibingungkan oleh pemberitaan"
Karena itu kami senantiasa berdoa juga untuk kamu, supaya Allah kita menganggap kamu layak bagi panggilan-Nya dan dengan kekuatan-Nya menyempurnakan kehendakmu untuk berbuat baik dan menyempurnakan segala pekerjaan imanmu. Supaya kamu jangan lekas bingung dan gelisah, baik oleh ilham roh, maupun oleh pemberitaan atau surat yang dikatakan dari kami, seolah-olah hari Tuhan telah tiba.

Lukas 19:1-10
"Anak Manusia datang untuk mencari dan menyelamatkan yang hilang"
Yesus masuk ke kota Yerikho dan berjalan terus melintasi kota itu. Di sana ada seorang bernama Zakheus, kepala pemungut cukai, dan ia seorang yang kaya. Ia berusaha untuk melihat orang apakah Yesus itu, tetapi ia tidak berhasil karena orang banyak, sebab badannya pendek. Maka berlarilah ia mendahului orang banyak, lalu memanjat pohon ara untuk  melihat Yesus, yang akan lewat di situ.

Ketika Yesus sampai ke tempat itu, Ia melihat ke atas dan berkata: "Zakheus, segeralah turun, sebab hari ini Aku harus menumpang di rumahmu." Lalu Zakheus segera turun dan menerima Yesus dengan sukacita. Tetapi semua orang yang melihat hal itu bersungut-sungut, katanya: "Ia menumpang di rumah orang berdosa." Tetapi Zakheus berdiri dan berkata kepada Tuhan: "Tuhan, setengah dari milikku akan kuberikan kepada orang miskin dan sekiranya ada sesuatu yang kuperas dari seseorang akan kukembalikan empat kali lipat."

Kata Yesus kepadanya: "Hari ini telah terjadi keselamatan kepada rumah ini, karena orang ini pun anak Abraham. Sebab Anak Manusia datang untuk mencari dan menyelamatkan yang hilang.


Semoga bacaan Injil Tuhan pada hari ini sungguh mampu menghadirkan kasih dan damai dalam hati kita semua.


Hendaknya kita menjadi Zakheus-Zakheus yang lain dalam menerima Yesus dengan penuh sukacita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

AddThis

Populer