Jumat, 10 Desember 2010

Kerendahan hati, Elia, Yesus, dan Natal

Salam kasih dan damai dari Yesus Kristus selama-lamanya.

Kalender Liturgi Katolik - Sabtu, 11 Desember 2010 (Pesta Santo Damascus I - Paus)

Bacaan diambil dari :

  • Sirakh 48:1-4,9-11
  • Mazmur 80:2-3,15-16,18-19
  • Matius 17:10-13

Sir 48:1-4,9-11
"Betapa mulialah engkau, hai Elia"
Lalu tampillan nabi Elia bagaikan api, yang perkataannya laksana obor membakar. Kelaparan didatangkan-Nya atas mereka, dan jumlah mereka dijadikannya sedikit berkat semangatnya. Atas firman Tuhan langit dikunci olehnya, dan api diturunkannya sampai tiga kali. Betapa mulialah engkau, hai Elia, dengan segala mujizatmu, dan siapa boleh bermegah-megah bahwa sama dengan dikau?

Dalam oleh angin berapi engkau diangkat, dalam kereta dengan kuda-kuda berapi. Engkau tercantum dalam ancaman-ancaman tentang masa depan untuk meredakan kemurkaan sebelum meletus, dan mengembalikan hati bapa kepada anaknya serta memulihkan segala suku Yakub.

Berbahagialah orang yang telah melihat dikau, dan yang telah meninggal dengan kasih mereka, sebab kamipun pasti akan hidup pula.

Mzm 80:2-3,15-16,18-19
"Ya Allah, pulihkanlah kami"
Hai gembala Israel, pasanglah telinga, Engkau yang menggiring Yusuf sebagai kawanan domba! Ya Engkau, yang duduk di atas para kerub, tampillah bersinar di depan Efraim dan Benyamin dan Manasye! Bangkitlah keperkasaan-Mu dan datanglah untuk menyelamatkan kami.

Ya Allah semesta alam, kembalilah kiranya, pandanglah dari langit, dan lihatlah! Indahkanlah pohon anggur ini, batang yang ditanam oleh tangan kanan-Mu!

Kiranya tangan-Mu melindungi orang yang disebelah kanan-Mu, anak manusia yang telah Kauteguhkan bagi diri-Mu itu, maka kami tidak akan menyimpang dari pada-Mu. Biarkanlah kami hidup, maka kami akan menyerukan nama-Mu.

Mat 17:10-13
"Elia sudah datang, tetapi orang tidak mengenal dia"
Lalu murid-murid Yesus bertanya kepada-Nya: "Kalau demikian mengapa ahli-ahli Taurat berkata bahwa Elia harus datang dahulu?" Jawab Yesus: "Memang Elia akan datang dan memulihkan segala sesuatu dan Aku berkata kepadamu: 

Elia sudah datang, tetapi orang tidak mengenal dia, dan memperlakukannya menurut kehendak mereka. Demikian juga Anak Manusia akan menderita oleh mereka." Pada waktu itu mengertilah murid-murid Yesus bahwa Ia berbicara tentang Yohanes Pembaptis.


Sungguh tidak terasa hari minggu besok, kita sudah memasuki masa adven yang ke-3, ini berarti hari Natal sudah semakin dekat. Mari persiapkan diri dan penuh kerendahan seperti para gembala yang menyambut Yesus pada saat pertama kali Ia datang kepada kita sebagai Anak Manusia dan Tuhan seutuhnya dalam kesederhanaan dan ketulusan semuanya demi kita manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

AddThis

Populer