Sabtu, 26 Februari 2011

Doa Ketenangan Batin


Doa-doa di bawah ini diambil dari Mazmur, jika kita bingung bagaimana harusnya berdoa kepada Tuhan di kala hati yang risau, jiwa yang kekeringan, tidak tenang, dan berbagai macam perasaan ketakutan bercampur aduk menjadi satu. Semoga ayat-ayat dalam Mazmur ini sedikit banyak dapat bermanfaat.

Mazmur 42:2-3
"Seperti rusa yang merindukan sungai yang berair, demikianalh jiwaku merindukan Engkau, ya Allah. Jiwaku haus kepada Allah, kepada Allah yang hidup. Bilakah aku boleh datang melihat Allah?

Mazmur 51:3-8
Kasihanilah aku, ya Allah, menurut kasih setia-Mu, hapuskanlah pelanggaranku menurut rahmat-Mu yang besar. Bersihkanlah aku seluruhnya dari kesalahanku, dan tahirkanlah aku dari dosaku. Sebab aku sendiri sadar akan pelanggaranku, aku senantiasa bergumul dengan dosaku. Terhadap Engkau, terhadap Engkau sajalah aku telah berdosa dan melakukan apa yang Kauanggap jahat, supaya ternyata Engkau adil dalam putusan-Mu, bersih dalam penghukuman-Mu. Sesungguhnya, dalam kesalahan aku diperanakkan, dalam dosa aku dikandung ibuku. Sesungguhnya, Engkau berkenan akan kebenaran dalam batin, dan dengan diam-diam Engkau memberitahukan hikmat kepadaku.

Mazmur 57:2
Kasihanilah aku, ya Allah, kasihanilah aku, sebab kepada-Mulah jiwaku berlindung; dalam naungan sayap-Mu aku akan berlindung.

Mazmur 62:2-3
Hanya dekat Allah saja aku tenang, dari pada-Nyalah keselamatanku. Hanya Dialah gunung batuku dan keselamatanku, kota bentengku, aku tidak akan goyah.

Mazmur 71:12
Ya Allah, jangalah jauh dari padaku. Allahku, segeralah menolong aku.

dan masih ada begitu banyak lagi bentuk doa yang dapat kita temukan dalam ayat-ayat baik pada Mazmur maupun Injil. Menurut admin ada satu bentuk doa yang pendek namun terkenal, yaitu doa "Yesus".

Doa Yesus
Yesus kasihanilah aku / kami.

Sangat singkat, namun doa tidak terletak pada panjangnya kata-kata melainkan kepercayaan, kerendahan hati di hadapan Allah, serta kesungguhan dan kepenuhan hati saat berdoa. Maka dapat dirasakan kekuatan doa-doa dan yang tak kalah penting diingat adalah Tuhan tidak sebatas pada terkabulnya doa-doa, sebab Dialah kasih dan kerahiman itu sendiri.

Ingatkah kita akan salah satu bait dalam lagu, seperti berikut ini:......"rasa damai dalam hati datang dari Tuhan, karena Tuhan ditemukan dalam ketenangan.....

Jika kita telah rajin menghadiri misa dan berdoa namun hati kita tak pernah juga merasakan damai, jika sudah demikian mari sebagai orang beriman tidak ada salahnya dantak perlu malu untuk bertemu Pastor maupun Suster  meminta saran mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

AddThis

Populer