Senin, 05 September 2011

Jalan-jalan ke kota Kuching - Malaysia dari Pontianak

senja di water front city Kuching
Bagi saudara-saudari sekalian yang berasal dari luar Kalimantan Barat dan berminat untuk pergi ke Kuching ada baiknya simak beberapa tips di bawah ini :

HIMBAUAN!

  • Jika anda ingin cepat dan nyaman tidak ada salahnya mempergunakan jasa penerbangan, memang harga tiket pesawat lebih mahal namun perjalanan hanya sekitar 30 menit.
  • Hindari CALO, ya anda sebaiknya menghindari calo yang beroperasi di terminal bis antar negara untuk mencegah hal-hal yang tidak berkenan.
  • Jika tidak paham dan belum pernah ada baiknya manfaatkan jasa tour & travel karena paket tour ke Kuching tidaklah mahal selain itu anda lebih nyaman dan tidak perlu was-was.

Nama Kuching bagi warga Kalimantan Barat khususnya memang tidak asing lagi, karena setiap harinya selalu ada begitu banyak warga masyarakat yang berkunjung ke sana dengan berbagai tujuan, mulai dari keperluan bekerja sebagai TKI, melanjutkan studi, keperluan bisnis, wisata, hingga keperluan mendesak seperti medical check up, dan lain sebagainya. Kota Kuching terletak di negara bagian Sarawak - Malaysia  dan karena letak geografisnya masih satu kepulauan dengan Kalimantan, maka waktu perjalanan yang diperlukan tidaklah begitu lama, hal ini didukung dengan sarana dan prasana yang sudah memadai dan untuk melakukan perjalanan dari kota Pontianak cukup dengan membeli tiket bis antar negara yang cukup banyak sekali tersedia di Pontianak dengan harga tiket bis sekitar Rp.165.000,- sekali jalan sedangkan dari Kuching harga tiket mulai dari RM.50.
Agen-agen bis (agen tiket) antar negara yang ada di kota Pontianak terdiri dari :
  • Bis Damri  (Jl.Pahlawan - Pontianak)
  • Bis SJS (Jl.Sisingamangaraja - Pontianak)
  • Bis Eva (Jl.Sisingamangaraja - Pontianak) Pontianak - Sarawak - Brunei - Kinabalu
  • Bis Sri Merah, Sapphire Pacific express, Kirata express (Jl.Sisingamangaraja - Pontianak)
  • Bis Asia, Tebakang (Jl.Diponegoro - Pontianak)
  • Bis ADBS (Jl.Tanjungpura - Pontianak)
  • Bis ATS ekspres (Jl.Pahlawan - Pontianak) samping Panin bank atau seberang jalan hotel Garuda
  • Bis Bintang Jaya ekspres (Jl.Tanjungpura - Pontianak)
Harga tiket berbeda-beda sesuai bis dan biasanya berkisar antara Rp.160.000,- hingga Rp.165.000,- (untuk Pontianak ke Kuching). untuk mengetahui agen resmi penjualan tiket bis ke Kuching silahkan klik di sini

Sekarang ini warga Pontianak juga sudah banyak yang mempergunakan jasa penerbangan Pontianak - Kuching memang lebih mahal tetapi hemat waktu perjalanan karena hanya sekitar 20 menit sudah sampai di airport Kuching, dengan harga tiket yang dilayani maskapai MASwings sebanyak 7 kali dalam seminggu dengan harga sekitar Rp.626.000,- belum termasuk airport tax.

Hal ini menjadi pilihan karena untuk perjalanan darat memakan waktu sangat lama selain itu juga faktor keamanan di border yang menjadi sorotan, karena sudah banyak sekali pengalaman yang kurang enak dialami para wisatawan yang mempergunakan jalur darat baik urusan bagasi di dalam bis sampai permainan sewaktu cap pasport yang disinyalir ada unsur kerjasama antara oknum imigrasi Indonesia dengan para preman di border Entikong. demikian diharapkan agar berHATI-HATI jika ingin mempergunakan jalur darat.

Perjalanan menggunakan bis dari Pontianak saat sekarang ini sudah tersedia 2 (dua) rute, yaitu:
  • Jalur I : Pontianak - Kab.Pontianak - Kab.Landak - Kab.Sanggau (Entikong)
  • Jalur II : Pontianak - Kab.Kubu Raya - Kab.Landak - Kab.Sanggau (Entikong)
  • Jalur III : jalur penerbangan luar negeri melewati bandara udara Supadio
  1. Jalur I membutuhkan waktu tempuh sekitar 7 jam lamanya, dan kita akan sampai pada pintu gerbang PPLB (Pos Pemeriksaan Lintas Batas) di Entikong (kab.Sanggau) yang berbatasan dengan daerah Tebedu (Sarawak - Malaysia) setelah cap paspor perjalanan dilanjutkan hingga sampai ke kota Kuching dengan lama perjalanan sekitar 1,5 jam. Hingga kini PPLB Entikong merupakan jalur yang paling banyak dilalui untuk sampai ke Kuching dari beberapa pos perbatasan yang ada di Kalbar seperti Aruk - Biawak (kab.Sambas), Jagoi Babang (kab.Bengkayang),dan Nanga Badau - Lubuk Antu (kab.Kapuas Hulu).
  2. Jalur II merupakan jalur baru (alternatif) yang melewati jalan trans Kalimantan dengan waktu tempuh sekitar 5 jam untuk sampai ke PPLB Entikong. Jalur baru ini belum banyak dipergunakan untuk sampai ke Entikong, namun karena jaraknya yang lebih dekat sudah mulai dilirik. 

Kuching dapat menjadi daerah tujuan wisata buat jalan-jalan bagi kita yang ingin pelesiran ke luar negeri namun dengan ongkos yang lebih terjangkau, apalagi bagi para backpaker tentu sangat menyenangkan. Jika tidak ingin menginap di hotel, kita dapat mencari tempat penginapan seperti tempat kost, maupun losmen dengan harga murah dan sangat terjangkau dengan fasilitas seperti AC, wifi, Tv kabel, dan sebagainya. Tarif sewa kamar harian rumah kost di Kuching terbilang cukup murah jika dibandingkan harus menginap di hotel tentunya karena untuk 1 (satu) malam hanya perlu membayar antara Rp.85.000,- s/d Rp.100.000,- (30 - 40 RM).
patung kucing sebagai landmark

Dari Kuching dapat juga melanjutkan perjalanan ke Sabah (Malaysia),Kinabalu,Kuala Lumpur,dan hingga ke negara Brunei Darusalam. Kuching memang bukan kota metropolis namun sebagai sebuah kota tetap mampu memberikan rasa nyaman dan damai bagi masyarakatnya maupun para wisatawan. Taman-taman kota yang bersih dan asri karena tingkat polusi udaranya tidak tinggi sehingga menjadikannya sebuah daerah tujuan wisata yang jangan sampai dilewatkan apalagi tanpa perlu mengeluarkan biaya perjalanan yang menguras isi kantong kocek kita. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

AddThis

Populer