Kamis, 25 Agustus 2011

Berkunjung ke Kalimantan Barat

Sunset di pantai Paloh - Kab.Sambas (sebelah kanan pantai berbatasan dengan Malaysia)

Kalimantan Barat atau dapat juga disebut West Borneo maupun West Kalimantan memang masih tidak setenar nama propinsi lainnya seperti Bali, Jawa, maupun Sumatera, karena maklum saja nama Kalimantan Barat dulunya lebih dikenal karena hasil hutannya berupa kayu dan berbagai hasil olahannya. Pada kesempatan kali ini, admin mencoba memberikan beberapa tips jika ada sahabat atau siapa saja yang ingin berkunjung ke Kalimantan Barat namun tidak memiliki informasi yang cukup karena sebelumnya belum pernah datang ke Kalbar.

Berikut ini beberapa tips (menurut admin sangat penting) :
  • Jika datang berkunjung ke Kalimantan Barat, tetapkan terlebih dahulu daerah tujuan anda ada di mana secara spesifik (maklum saja Kalimantan Barat cukup luas dan tidak bisa dibayangkan seperti Bali). Kalimantan Barat terdiri dari 14 (empat belas) wilayah dan dua di antaranya merupakan kotamadya.
  1. Kota Pontianak
  2. Kota Singkawang
  3. Kabupaten Pontianak
  4. Kabupaten Sambas
  5. Kabupaten Bengkayang
  6. Kabupaten Landak
  7. Kabupaten Sanggau
  8. Kabupaten Sintang
  9. Kabupaten Kapuas Hulu
  10. Kabupaten Ketapang
  11. Kabupaten Sekadau
  12. Kabupaten Melawi
  13. Kabupaten Kubu Raya, dan
  14. Kabupaten Kayong Utara
  • Setelah tahu pasti ke mana tujuan perjalanan anda sebenarnya, maka setibanya di kota Pontianak melalui bandara udara Supadio (terletak di kabupaten Kubu Raya), ada baiknya beristirahat semalam di kota Pontianak (jika rute perjalanan anda adalah ke luar kota Pontianak). Ada begitu banyak hotel baik berbintang maupun yang biasa saja tersedia di kota Pontianak dengan berbagai pilihan harga dan tentunya fasilitas hotel yang berbeda-beda, jadi tidak perlu khawatir dan supir taksi dari airport dapat langsung mengantar hingga ke hotel. 
  • Jika anda berkunjung ke Kalimantan Barat hanya sekedar ingin tahu bagaimana sebenarnya kota Pontianak, hal ini tentu lebih memudahkan karena informasi juga dapat diperoleh melalui pihak hotel tempat di mana anda menginap. Mintalah brosur atau informasi mengenai tempat-tempat yang dapat anda kunjungi di kota Pontianak kepada pihak hotel.
  • Lain halnya jika anda memang ingin berkunjung ke luar kota Pontianak seperti kota Singkawang dan kabupaten-kabupaten lainnya, penting sekali anda perhatikan jadwal keberangkatan taxi maupun bis.
  • Untuk menuju ke kota Singkawang, kabupaten Pontianak, kabupaten Sambas, dan kabupaten Bengkayang, anda dapat mempergunakan jasa taxi luar kota yang tentunya lebih nyaman bagi perjalanan anda dibandingkan jika harus naik angkutan umum lainnya karena sering terjadi penumpang harus diturunkan dan dipindahkan ke mobil angkutan umum lainnya. Untuk informasi nomor telepon agen taxi dapat anda minta dari pihak hotel. Jika anda memiliki keluarga atau teman di Pontianak yang paham cara mendapatkan bis dengan pelayanan yang baik tentu tidak menjadi masalah. Selama ini belum ada agen khusus untuk bis dari Pontianak ke Singkawang maupun sambas dan satu-satunya cara selain mempergunakan taxi adalah dengan menunggu bis dimulai dari jam 24:00 WIB mulai salah satu bis yang melayani rute Pontianak - Sambas adalah bis Neny (Hp.081345782488) disarankan untuk tidak naik di terminal karena banyak calo tiket.
  • Untuk menuju ke kabupaten Sanggau, Sekadau, dan Sintang serta Melawi dapat mempergunakan bis DAMRI yang tentunya tidak perlu diragukan selain nyaman juga ber-AC. Agen penjualan tiket bis DAMRI dapat diperoleh di jalan Pahlawan, Pontianak atau silahkan hubungi pihak hotel untuk membantu anda. Perjalanan ke Sintang, Ketapang serta Putusibau (Kapuas Hulu) untuk saat sekarang ini juga sudah dilayani penerbangan domestik. Jadwal keberangkatan bis DAMRI ada dari pagi hari hingga malam dan tentunya anda dapat pula bertanya-tanya dengan pihak agen bis bagaimana perjalanan yang akan ditempuh (lama perjalanan dan sebagainya) guna memberikan kepastian sebelum anda berangkat.
  • Selain mempergunakan pesawat terbang, anda juga dapat mempergunakan jasa pelayaran berupa kapal fery ekspress dengan jurusan Pontianak ke Ketapang, dan dari Ketapang dapat melanjutkan perjalanan ke Kayong Utara.
  • PENTING, jika anda ingin melanjutkan perjalanan ke luar kota Pontianak pada sore hari dengan mempergunakan bis (selain mempergunakan bis DAMRI) misalnya ke kota Singkawang, Sambas, dan Bengkayang, sebaiknya dilakukan pada pagi hari berikutnya mengingat pada sore hari sangat sulit untuk mendapatkan bis ke jalur pantai utara (Singkawang, Bengkayang, dan Sambas) dan tidak disarankan untuk menunggu di terminal bis guna menghindari calo tiket dan berbagai hal yang kurang nyaman lainnya. Jika berpergian sendiri tentu akan sangat menyulitkan dan ada baiknya bersama teman atau beberapa orang sahabat karena tentu lebih memberikan rasa tenang jika tersesat di jalan. Hindarkan diri anda sesat dan terkatung-katung di jalan.
Jangan malu bertanya nanti sesat di jalan (tanya admin juga boleh....) senang kalau bisa membantu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

AddThis

Populer